Traveloka, Satu-satunya Start Up Indonesia Yang Jadi Sponsor Piala Dunia 2018

Posted on

Livescore Terbaru Lihat Disini

Livescore

Dalam menggelar Piala Dunia, FIFA selaku federasi yang menggawangi acara akbar ini, pasti akan selalu menggaet sponsor. Tentunya dengan menjadi sponsor Piala Dunia ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh para rekanan tersebut. Maka tak jarang banyak pihak yang ingin menjadi bagian di dalam sponsorship ini, tak terkecuali perusahaan dari Indonesia.

Publik tanah air tentunya tidak asing dengan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang Online Travel Agent satu ini, Traveloka. Walaupun masih bisa dibilang sebagai perusahaan start up yang belum lama berdiri, perusahaan ini termasuk berani dan beruntung. Pasalnya perusahaan OTA ini adalah satu-satunya perusahaan asal Indonesia yang bisa menjadi sponsor Piala Dunia 2018.

Traveloka Jadi Sponsor Piala Dunia 2018

Traveloka melakukan kerja sama dengan Futbal Momentum Asia untuk mendapatkan hak siar dan transmisi. FMA sendiri adalah pemegang hak eksklusif teritorial Piala Dunia FIFA 2018 di Indonesia. Nantinya, Traveloka akan menjadi salah satu sponsor dalam media dan penyiaran saat berlangsungnya World Cup 2018 nanti.

Tanggung Jawab Traveloka Sebagai Sponsor

Menjadi Penyedia Tayangan

Walaupun menjadi sponsor lokal, namun ini adalah sebuah gebrakan besar dari Indonesia, khususnya Traveloka sendiri. Kebanggaan ini dikemukakan sendiri oleh Dannis Muhammad, Chief Marketing Officer Traveloka, saat diwawancarai perihal keikutsertaan Traveloka sebagai sponsor Piala Dunia 2018.

Menurut Dannis, Traveloka melihat bahwa ajang empat tahunan tersebut adalah sebuah ajang akbar yang sangat dinantikan oleh banyak orang dan Traveloka berusaha untuk mewujudkan tayangan tersebut untuk publik Indonesia. Semua itu juga bertujuan agar para penggemar bola di Indonesia tidak akan kehilangan momen berharga yang selalu ada tiap gelaran Piala Dunia.

Selain itu, kesempatan ini juga menjadi kesempatan baik bagi bisnis Traveloka, sebab pada saat Piala Dunia berlangsung akan ada banyak orang yang melakukan perjalanan dan juga membutuhkan tiket dari Indonesia ke luar negeri. Ini adalah keuntungan, terlebih karena Traveloka menjadi sponsor Piala Dunia.

Strategi Bisnis

dewa jitu

Dari segi bisnis, seperti yang sudah disinggung di atas, pihak Traveloka juga sudah mengambil langkah untuk meraup keuntungan dalam ajang yang tidak datang setiap tahun tersebut. Ada banyak promo yang diadakan oleh perusahaan yang dimiliki oleh anak negeri itu, salah satunya adalah memberikan promo paket perjalanan Rusia, tentunya untuk menonton gelaran World Cup tersebut.

Terobosan lain yang disediakan Traveloka adalah menyediakan siaran live Piala Dunia bagi mitra penginapan mereka yang tersebar di seantero tanah air. Selain itu, dalam aplikasi mereka, Traveloka juga menyediakan konten kreatif yang berhubungan dengan World Cup. Konten semacam profil pemain, berita terkini hingga permainan mini mereka suguhkan untuk konsumen mereka.

Tanggapan FMA

Menurut David Khim, selaku Chief Executive Officer FMA, kerja sama dengan perusahaan Indonesia, seperti Traveloka, dinilai sebagai langkah tepat agar Piala Dunia bisa dinikmati oleh seluruh publik tanah air tanpa terkecuali. Seperti yang kita ketahui bersama, FMA adalah pemegang hak eksklusif untuk hak transmisi dan/atau penyiaran yang ada di Indonesia.

Layanan kerja sama tersebut juga tidak hanya terbatas pada penyiaran Piala Dunia di layar televisi saja, jua termasuk di radio, TV kabel dan masih banyak lagi. Selain itu, juga termasuk beberapa pertandingan lainnya yang juga akan dilaksanakan pada tahun ini.

Sponsor Resmi

Para rekanan FIFA memang selalu menantikan ajang empat tahunan ini, sebab mau tidak mau ajang ini juga membawa rezeki besar untuk mereka. Maka tidak heran jika dalam Piala Dunia di Brazil pada tahun 2014 lalu tersebut, para sponsor seperti Adidas, Hyundai Motor Grup, Coca-cola, Sony, Fly Emirates dan Visa mengeluarkan dana hingga US$ 50 juta tiap tahun.

Setahun sebelum penyelenggaraan Piala Dunia 2014, para sponsor sukses meraup dana sebanyak US$ 404 juta, atau sama dengan 29% dari pendapatan tahunan milik FIFA. Kemudian semua dana tersebut digunakan untuk penyelenggaraan Piala Dunia di negeri Samba tersebut.

Traveloka, Satu-satunya Start Up Indonesia Yang Jadi Sponsor Piala Dunia 2018

Untuk Piala Dunia 2014, perusahaan seperti Castrol, McDonald’s, Budweiser serta Johnson & Johnson adalah sponsor resmi Piala Dunia 2014. Sedangkan untuk penyelenggaraan Piala Dunia tahun ini, nama-nama seperti Coca-Cola dan McDonald’s masih bertahan serta muncul beberapa nama baru.

bandar bola