Zabivaka, Sang Maskot Piala Dunia 2018 Rusia

Posted on

Livescore Terbaru Lihat Disini

Livescore

Gelaran piala dunia sudah tinggal menghitung bulan. Kemeriahan ajang tanding sepak bola tingkat internasional itu pun sudah sangat terasa. Berbagai atribut yang berkaitan dengan piala dunia sudah banyak dijual agar tidak melewatkan momen, salah satunya adalah atribut dari maskot piala dunia 2018, Zabivaka.

russia 2018 world cup mascot zabivaka

Maskot yang berupa serigala berkacamata tersebut memang sudah wara-wiri sebagai perwakilan Rusia dalam menyambut piala dunia. Walaupun sudah kerap kali muncul, baik di media cetak maupun elektronik, namun belum banyak yang mengetahui sosok di balik serigala imut ini. Bahkan mungkin namanya juga belum banyak yang tahu, kecuali mereka yang menyukai bola.

Jika Anda termasuk yang belum mengetahui siapa nama dari maskot imut ini, maka perkenalkan, namanya adalah Zabivaka. Ada banyak pertimbangan yang akhirnya membuat Rusia memilih Zabivaka menjadi maskot untuk ajang piala dunia yang akan mereka adakan. Hal ini menarik untuk dikuak karena seperti pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang, maka inilah beberapa hal mengenai Zabivaka.

Filosofi Di Balik Penentuan Serigala Sebagai Maskot

Melambangkan Pesona

Seperti yang juga disampaikan oleh Ronaldo, legenda sepakbola Brazil, ketika menghadiri peresmian maskot Zabivaka. Ronaldo mengatakan bahwa Zabivaka, sebagai duta, pasti bisa memberikan sukacita ketika berada di lapangan. Selain itu tugas Zabivaka sebagai pembawa kabar mengenai piala dunia juga cukup sukses. Terbukti dengan banyak orang yang tidak akan bisa melupakan sosoknya.

Nama Zabivaka sendiri memiliki arti “Sang Pencetak Gol” di dalam bahasa Rusia. Sang serigala kekinian ini dilambangkan sebagai sosok yang mempesona, penuh percaya diri dan juga memiliki keinginan yang kuat. Selain itu, kegemaran Zabivaka dalam melakukan swafoto juga mewakili generasi kekinian yang juga gemar melakukan hal yang sama.

Dipilih Secara Online

Maskot yang diperkenalkan kepada masyarakat pada hari Jum’at, 21 Oktober 2016 lalu di Moskow ini awalnya dipilih berdasarkan oleh suara dari anak-anak yang dilakukan lewat polling daring. Setelah polling terkumpul, kemudian mahasiswa desain yang bertugas untuk mengerucutkan pemilihan maskot hingga akhirnya terpilih tiga buah desain, yaitu kucing, serigala dan harimau.

dewa jitu

Kemudian berdasarkan pemilihan online oleh masyarakat Rusia, ditentukanlah serigala sebagai pemenang vote dengan suara sebanyak 53%. Polling ini dilaksanakan selama satu bulan penuh di laman resmi FIFA dan lebih dari satu juta masyrakat Rusia turut berpartisipasi dalam pemilihan ini.

Tingginya animo masyarakat Rusia dan juga dunia dalam pemilihan maskot ini menunjukkan bahwa daya tarik piala dunia masih sangat besar. Hal ini juga menepiskan anggapan bahwa piala dunia yang akan diadakan di Rusia nanti ini tidak akan semarak. Memang, beredarnya rumor mengenai kontroversi pemilihan Rusia sebagai tuan rumah, dan juga tidak lolosnya negara-negara yang selama ini merajai piala dunia memang sempat membuat gelaran ini diprediksi sepi penonton.

piala dunia 2018 rusia

Ekaterina Bocharova

Mungkin tidak banyak yang mengenal siapa gadis yang saat ini menjadi mahasiswi di Tomsk State University jurusan jurusan desain grafis ini, sampai dia berhasil membawa desainnya menjuarai pemilihan maskot piala dunia 20i8. Ya, Ekaterina Bocharova adalah kreator di balik Zabivaka itu sendiri. Gadis cantik ini berhasil menang mengalahkan kompetitor lainnya.

Menurut gadis yang lahir di Kedrovy, salah satu kota kecil di Siberia bagian barat, sosok serigala dipilih karena binatang inilah yang menjadi binatang ciri khas dari pegunungan Siberia. Selain itu serigala juga menjadi refleksi yang pas untuk Rusia yang memang dikenal dengan hawanya yang sangat dingin.

Ekaterina memang memiliki hobi menggambar kartun sejak lama. Bakatnya itu pun akhirnya yang membawanya menjuarai kompetisi pembuatan desain maskot piala dunia.

Zabivaka, Sang Pemain Muda

Digambarkan dalam biografi resminya di laman FIFA, Zabivaka adalah serigala muda yang sudah sejak kecil mencintai bola dan sangat ingin menjadi pemain profesional. Di dalam tim, Zabivaka juga digambarkan sebagai pemain paling muda. Namun, walau demikian, Zabivaka memiliki jiwa sosial yang tinggi sehingga mudah berbaur. Teknik yang dimilikinya juga mumpuni, selain itu dia juga berani, cepat dan memiliki kontribusi untuk kemenangan tim.

Disematkannya kacamata pada serigala ini juga bukan tanpa filosofi. Kacamata melambangkan nilai tambah yang berkaitan dengan akurasi ketika sedang berlaga di lapangan.

bandar bola